PERAN FAD (FORUM ANAK DAERAH) DALAM MEWUJUDKAN KABUPATEN LAYAK ANAK (KLA) DI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
Keywords:
Forum Anak Daerah , Kabupaten Layak Anak, PeranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang belum terpenuhi hak sipilnya, minimnya sarana dan prasarana menuju Kabupaten Layak Anak (KLA), serta kurangnya peran aktif beberapa pelaksana. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana Peran FAD dalam Mewujudkan KLA di Kabupaten Lampung Tengah dan faktor penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, memilih mana yang penting dan akan dipelajari, sehingga dapat ditarik kesimpulan dan dalam pembacaannya mudah dipahami. Hasil penelitian, bahwa Peran FAD dalam Mewujudkan KLA di Kabupaten Lampung Tengah secara umum sudah baik karena adanya inisiatif pemerintahan setempat yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak-Hak anak dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak-hak anak. Meskipun, pemenuhan hak-hak anak belum sepenuhnya optimal karena kurangnya koordinasi dan kepedulian masyarakat serta lemahnya sosialisasi. Kesimpulan dari peneliti untuk Peran FAD dalam Mewujudkan KLA di Kabupaten Lampung Tengah berjalan dengan baik.
References
Adisusilo, Sutarjo. (2016). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Agustino, Edi. (2016). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Alfa Beta: Bandung
Ali,Z, (2008). Sosisologi Hukum.Jakarta:sinar gafika.
Amin, Maswadi Muhammad. (2017). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media.
Aqib, ZainaldanSujak. (2017). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Bambang Prakosa. Kesit. (2015). Pajak dan Retribusi Daerah. Edisi Revisi. UII Press. Yogyakarta.
Bambang Sunggono. (2017). Metodologi Penelitian, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta
Darmiatun, Suryatri. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Kesuma,Dharma,dkk. (2018).Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khan, Yahya. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Maryadi, (2019). Penelitian dan Pengembangan sebuah Metode, PT. Persada Indonesia, Jakarta.
Moleong, Lexy. J. (2017) Metode Penelitian Kualitatif.,Remaja Rosdakarya. Bandung
Septiana, A. R., Bormasa, M. F., Alalsan, A., Mustanir, A., Wandan, H., Razak, M. R. R., ... & Rijal, S. (2023). Kebijakan Publik: Teori, Formulasi Dan Aplikasi. Global Eksekutif Teknologi.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D,: Alfabeta, Bandung
Subarsono. (2016). Analisa Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yokyakarta.
Suharto, Edi. (2015). Analisis Kebijakan Publik, Edisi Revisi, Alfa Beta, Bandung.
Winarno, Budi. (2019). Teori dan Proses Kebijakan Publik, Media Pressindo, Yokyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURIST: Jurnal Ilmu Hukum dan Ilmu Politik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.